2011/12/11

Mengatasi Kamus Elektrik Alfalink Matot (Mati total) Terkena Air

Bermula dari rusaknya kamus elektrik yang saya belikan untuk ibu saya. Dan penyebabnya cukup konyol. Kucing peliharaan di rumah pipis di atasnya. Walhasil si kamus inipun eror.

Kemarin saya membawa kamus ini ke gerainya. Siapa tahu masih bisa diservis. Kalau nggak ya terpaksa beli lagi yang baru. Saya bilang ke mbaknya kamus rusak terkena air (pipis kucing termasuk air juga kan?). Oleh si mbak diperiksan dan memang mati total. Mbaknya juga menjelaskan kalau sampai ganti PCB biaya servisnya mendekati 200rb. Selisih sedikit dengan harga kamus elektrik yang baru. Oleh karena itu saya minta dicekkan dulu dan harga servisnya dikonfirmasi dulu. Kalau habis banyak mending beli lagi.

Namun oleh si mbak nya kamus ini coba diutek utek. Dan ternyata menyala!! Si mbak pun berkata, alhamdulilah ya, sesuatu banget, bisa nyala lagi (beneran ngomong seperti ini, tanpa adanya perubahan apapun). Saya pun setengah tidak percaya, coba saya pencet – pencet. Yup, memang menyala. Berfungsi normal. Wah, langsung saya puji si mbak ini, canggih!

Dan si mbak ini tidak pelit bagi ilmu. Ilmunya pun sangat sederhana. Kalau terkena air dan mati total coba di reset. Tentunya pastikan dulu kamusnya sudah kering. Copot batreinya, dan keringkan. Setelah beres tekan tombol reset dalam keadaan tanpa batrei. Ingat, tanpa batrei!! Walaupun saya sendiri heran bagaimana si kamus bisa reset kalau tidak ada batreinya, namun memang berhasil. Dan yang harus dijadikan perhatian jangan menggunakan pulpen atau pensil saat menekan tombol reset. Pakai tusuk gigi saja, kata si mbaknya.

Akhirnya kamus elektrik ini hanya saya ganti batreinya saja. Sampai di kos saya coba masih berfungsi normal. Selamat mencoba!

5 comments:

Anonymous said...

permisi kak, alfalink sya tdk mati total tp sering me-reset trus, memang dlu sya pernah gunakan pulpen untuk me-reset, bgm memperbaikinya?

maftuhin_math said...

alfalink saya ada layar yg tidak bisa digunakan bgm memperbaikinya

Mjdkvn said...

Gan alfalink saya mati total karena bataerainya habis.. Tapi pas saya beli baru baterainya yg baru dan saya pasang... Kok tidak bisa menyala?

PRAKTIK BISNIS DAN MASYARAKAT DALAM LINGKUNGAN HIDUP said...

Alfalink saya ada air di layar juga kena air gimana kak

Unknown said...

alfalink saya habis saya gunakan tapi tidak bisa off lagi saya harus gimana?