2013/08/13

Cara Mudah Factory Reset Lenovo A800

Mengutak atik android memang mengasyikkan kawan. Namun kadangkala dalam mengutak atik tidak selalu sukses. Kadang kala si andro ini ngambek dan ngadat. Seperti yang saya alami pada Lenovo A800 saya. Berawal dari partisi di micro sd yang juga saya jadikan lokasi aplikasi penuh. saya ingin mempartisi ulang micro tersebut. Aplikasi saya centang semua dan saya kembalikan ke memori hape. E lakok ternyata louncher lenovo yang baru kemarin saya instal ikut tercentang. Dan apesnya ternyata memori hape saya penuh pas proses pemindahan. Akhirnya louncher dan banyak aplikasi lainnya sukses eror. Karena lounchernya yang eror otomatis hape saya tidak bisa diapa apakan. Cuma background biru dan bermunculan notifikasi tidak merespon.

Untung setelah browsing sana sini ditambah saya coba coba saya menemukan jawaban masalahnya. Sebelumnya saya berniat instal ulang alias flash si andro. Namun ternyata cara sederhana yaitu Factory Reset berhasil. Browsing sana sini saya tidak menemukan factory reset A800 yang ada tipe lainnya. Namun setelah pencet sana sini akhirnya ketemu juga factory reset lenovo A800. Simpel gan:

1. Matikan hape (cabut baterai kalau nggak bisa)
2. Tekan tombol volume up + power yang lama
3. Muncul menu factory nya
4. Pilih (gunakan volume atas bawah) "clear emmc"
5. Tekan menu d touch screen (tengah di layar) untuk memilih
6. Silahkan tunggu
7. Taraa si A800 kembali seperti awal baru beli

Kondisi A800 saya sudah ter root saat eror. Dan bisa kembali normal. Efeknya tentu semua data aplikasi hilang, harus mengisi aplikasi satu satu dari awal.

Semoga bermanfaat....