2013/01/29

Fotografi Anak

Anak – anak adalah obyek foto yang lumayan menarik kawan. Ekspresi natural dan polos memberikan keunikan tersendiri. Untuk mengambil gambar pun tidak semudah orang dewasa. Hal ini dikarenakan anak – anak sulit untuk diarahkan. Namun justru itu keunikannya. Kita dituntut untuk lebih sabar menunggu momen tertentu yang menarik. Pengalaman demikian saya dapatkan ketika jalan – jalan bersama keponakan beberapa waktu yang lalu. Usia keponakan saya ini 2 tahun. Masih semangat – semangatnya lari – larian kesana kemari.

Mumpung lagi pulang kampung saya mengajak keluarga untuk jalan – jalan ke pantai, termasuk keponakan saya ini. Ternyata ini pertama kali dalam hidupnya pergi ke pantai. Setelah beres menggelar karpet yang sudah dipersiapkan saya bongkar tas kamera dan mulai jepret – jepret. Susah sekali kawan. Kita harus bersiap – siap membidik sewaktu – waktu ada momen yang menarik. Jangankan untuk diarahkan, lawong menoleh pun tidak. Sesekali saya perlu memanggil keponakan saya ini dan ketika menghadap kamera langsung jepret.

Karena baru pertama kali keponakan saya ini masih takut – takut mendekat ke air. Begitu terkena ombak langsung menangis dan minta digendong. Dan ternyata lumayan berat juga kawan. Saya tidak pernah membayangkan menggendong anak umur 2 tahun tenyata lumayan bikin keringetan juga. Apalagi ditambah cuaca yang cukup panas. Sepulang dari pantai pun masih berlanjut naik odong – odong di halaman pasar tradisional yang kami temui di perjalanan pulang.

Berikut beberapa hasil jepretan saya:

Dari percobaan saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengambil gambar anak – anak:
- sebisa mungkin kamera dalam posisi siap bidik, jadi begitu ada momen menarik langsung jepret.
- nggak usah diarahkan untuk bergaya, justru semakin natural akan semakin menarik kawan
- untuk membuat si anak menghadap kamera panggil namanya, namun sebelumnya kita sudah siap dengan kamera dalam posisi membidik
- Untuk tipe pemalu seperti keponakan saya, kayaknya menggunakan lensa telephoto lebih menarik karena bisa mengambil gambar dari kejauhan.

0 comments: