2011/12/11

Memulai Lagi: Membaca

Rasanya sudah lama sekali terakhir kali saya membaca novel. Entah kapan. Akhirnya baru sekarang memulai membaca lagi. Novel yang lama tidak tersentuh mulai saya buka. Novel ini saya beli di semester terakhir saya kuliah. Sekitar setahun lalu. Sudah lama sekali. Terongok berdebu di kamar saya di rumah. Belum saya baca.

Akhirnya minggu kemarin saat beres2 untuk kembali ke kos novel ini saya masukkan ke tas. Dan baru hari ini sempat membuka beberapa lembar halamannya. Dengan beberapa persiapan tentunya. Memanaskan secangkir air. Satu sachet cappuccino saya siapkan. Cappuchino dan air panas saya tuangkan ke dalam cangkir bergambar wajah saya sendiri bonus dari mall produk IT terbesar di kota Surabaya ini. Asap mengepul di atas busa yang kental dan taburan coklat cappuchino. Hmmm… mantap. Apalagi didukung cuaca yang gerimis rintik – rintik.

Membaca memang membawa kenikmatan tersendiri kawan. Pengalaman yang diperoleh tidak sebatas hanya pada untaian kata-kata di dalamnya. Namun lebih dalam dari pada itu. Setiap orang mungkin memiliki kesan dan pengalaman yang berbeda tergantung imajinasi masing – masing. Dan berdasarkan pengalaman saya, imajinasi kita sendiri tersebut jauh menarik daripada saat novel tersebut divisualisasikan, dalam sebuah film misalnya.

Ketika membaca Harry Potter saya selalu membayangkan bagaimana nikmatnya coklat panas kental, dan seramnya lorong – lorong Hogwarts. Seolah-olah coklat panas tersebut benar – benar terkecap oleh lidah saya, dan saya benar benar berada di lorong hogwart yang seram. Hal ini tidak saya temui saat saya menonton film Harry Potter.

Novel ini akan saya jadikan pembuka untuk rutinitas membaca saya selanjutnya. Sudah ada beberapa rencana hunting buku. Selamat Membaca!

2 comments:

Piyo said...

saya berkali2 menganggukkan kepala ketika membaca tulisan yang ini gan, hehehehe
sepakad banget. Sebel aq wingi pas ndek sepur kan aq mesti sangu novel, orang sebelahq nanya, "emang apa sih manfaat yang didapet dari novel mbak, saya kok muales ya baca gitu", huwh...

pdahal kan yang namanya hobi pasti ada manfaatnya, y gak. Dan membaca itu, buat yang memang suka, is such a relaxing activity banget

blog e obie said...

hehehe, orang kan beda2.. dan suatu saat nanti awkm mesti heran tnyt org itu bermacam macam