2010/08/05

Nonton Wisuda

Entah kok pas ya. Pas saya iseng – iseng liat tv untuk sedikit melepas stress karena mau ujian besok lakok nemu acara wisuda. Sabtu kemaren memang ada wisuda di Universitas Brawijaya. Dan sekarang ditayangkan di salah satu tv swasta lokal di Malang.

Sebenarnya acara wisuda ini membosankan. Lawong isinya cuma orang salaman. Tapi entah kenapa saya asyik sekali menontonnya. Seluruh wisudawan dan wisudawati memperoleh tambahan nama. Sebuah gelar disematkan di belakang nama mereka. Wajah mereka berbinar binar bahagia. Entah apa saja yang telah mereka alami sampai akhirnya mereka berhasil menyandang gelar itu.

Saya jadi membayangkan sendiri. Hemm.. nama saya dipanggil, saya berjalan pelan ke atas panggung dan dianugerahi gelar sarjana. Tersenyum sendiri.

Sebenarnya saya tidak terlalu peduli dengan gelar sarjana. Misi utama saya adalah membahagiakan orang tua. Saya paham setiap orang tua pasti ingin anaknya memiliki pendidikan yang setinggi tingginya. Saya masih ingat betul percakapan dengan bapak saya. Saya sering ngobrol masalah politik di rumah. Suatu hari pas pemberitaan sri mulyani yang ditawari jadi direktur bank dunia si pembawa acara menyertakan nama ayah dan ibu sri mulyani yang ternyata profesor. Saya pun nyeletuk. Wuuih.. pantes! Lawong bapak ibunya profesor. Dan bapak saja menyahut, bapak ibunya profesor anaknya profesor sudah biasa, kamu bapak nya bukan profesor kalau bisa jadi profesor itu baru luar biasa. Ya, bapak saya walaupun secara penghidupan sudah bisa dikatakan berhasil dulu tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi. Padahal bapak saya sebetulnya memiliki otak yang encer. Pernah sales mobil mengira bapak saya sarjana ekonomi, karena bapak saya bikin aturan sendiri tidak mau pake aturan leasing. Mungkin karena hal inilah bapak saya ingin anak – anaknya memiliki pendidikan yang tinggi. Selalu nasehatnya, ilmu itu yang paling penting, karena yang lain akan mengikuti.

Dan besok, tinggal satu langkah lagi. Karena diawali dengan niat baik, semoga berakhir dengan baik pula. Amiin..
-obie- 4 Agustus 2010, 9.15 malam.

0 comments: