2010/08/26

Indonesia vs Malaysia

Masih santer dibicarakan di berbagai media mengenai penangkapan 3 anggota DKP oleh polisi laut malaysia. Petugas DKP mengklaim bahwa mereka ditangkap masih di wilayah perairan Indonesia. Namun, polisi laut malaysia juga mengklaim mereka menangkap karena angota DKP masuk wilayah mereka. Penangkapan ini mendapat reaksi keras. Banyak demo anti malaysia. Bahkan kedubes malaysia di indonesia dilempari tinja.

Bukan kali ini saja sebenarnya warga indonesia dibuat panas oleh negara tempat upin dan ipin ini berasal. Sering malah. Yang paling lucu tari pendet muncul dalam iklan pariwisata malaysia. Setelah diselidiki penarinya pun ternyata orang bali. Jadi menurut saya negara bajakan bukanlah cina. Tapi Malaysia.

Saya sendiri senang kalau ada kasus seperti ini karena Indonesia adalah negara yang aneh. Sesama bangsa setanah air sering sekali berantem. Kerusuhan. Perang suku dll. Tapi, kalau ada yang mengusik seperti kasus malaysia ini tiba tiba saja semua bersatu. Semangat nasionalisme tiba tiba menguat. Bahkan tidak sedikit yang mendklarasikan diri siap mati apabila memang terjadi perang. Komisi 1 DPR tidak lagi berbicara partai. Mereka sepakat berbicara sebagai bagian bangsa indonesia. Tidak ada koalisi vs oposisi lagi. Namun, setelah isu ini mereda biasanya kumat lagi. Kerusuhan kembali dimulai. Perang lagi sesama saudara sebangsa setanah air.

Kasus seperti ini sekali sekali perlu juga terjadi untuk merefresh rasa nasionalisme. Sekedar mengingatkan orang2 yang bertikai, kubu2 yang berseberangan, bahwa sebenarnya mereka adalah saudara sebangsa.

0 comments: