2010/06/25

Tips Skripsi made in obie!!

Baiklah. mumpung belum lupa, mumpung lagi semangat, akan saya berikan tips - tips skripsi.
1. Kenali dosen anda. Kenali sifatnya. ALhamdulillah dosen saya enak2. jadi setiap konsultasi kadang sampe ngbrol2 ngalor ngidul.

2. Buat draft perencanaan. Naa ini yang belum saya antisipasi (makanya anda2 semua saya beritahu). Perencanaan sangat penting!!jangan seperti saya. Skripsi sudah jalan, ee.. masih mbulet ini itu.

3. Semangat dan telaten. Harus kita sadari dosen juga punya kesibukan. Nggak kayak kita2 ini pengangguran terselubung. Jadi harus pintar2 cari waktu. Makanya saya bisa sampe seharian di kampus. Menunggu waktu yang tepat. Kalau pas janjian enak. tapi kalau enggak terpaksa menunggu tanpa harapan di kampus. Paling apes kalau sendirian.

4. Selamatkan data / file skripsi. Teknologi memang memudahkan. Tapi kadang juga bisa bikin pusing. file skripsi yang anda susun berbulan bulan bulan bulan bulan bulan (6 bulan) hehe bisa hilang dalam sekejap. Penyebabnya macam macam. Entah kena virus, hard disk rusak, kebanjiran, laptop ilang, dllll. Cara paling mudah dan aman upload saja file anda. Buat akun email khusus untuk mengupload file skripsi. Upload berkala kalau ada perubahan dan jangan lupa tuliskan perubahan yang anda buat. misal, bab 4, lalu ada perubahan upload lagi revisi bab 4. Insyaallah file anda aman. Karena biasanya file di scan dulu. File juga aman karena online. Dimanapun kapanpun anda membutuhkan tinggal pergi ke warnet, print, taraa... jadi deh.

semoga bermanfaat...
-obie-

2 comments:

Intan Kape said...

Tips yg no 4 mantab. Thx

blog e obie said...

sami2..hehe..