2009/02/20

Yamaha FZ150


Santer diberitakan di berbagai forum otomotif dan blog, bahwa di India sudah nongol anggota keluarga terbaru yamaha yang diberi nama yamaha FZ150. FZ 150 ini merupakan versi hemat dari seri FZ yang lain yang lebih dulu muncul yang mengadopsi cc besar. Sesuai namanya, motor ini berkapasitas 150 cc, namun tanpa dilengkapi radiator seperti halnya V – Ixion.

Sejak pertama melihat gambarnya tanpa sengaja di sebuah forum diskusi otomotif, saya langsung kesengsem sama motor yang satu ini. Dan sangat berharap yamaha Indonesia mau memproduksi tipe ini. Kalau memang akhirnya jadi diproduksi, ane pesen satu. Modelnya jauh berbeda dengan v-ixion. Yang satu ini menurut saya jauh lebih berkarakter dan tidak setengah – setengah. Lampu depan sudah tidak bulat lagi. Lampu belakang terpisah dari bodi utama, sehingga bodi belakang terlihat lebih nungging dan runcing. Ban lumayan besar untuk ukuran motor 150cc. Knalpot pun sudah meninggalkan desain lama, yang ini jauh lebih seksi.

Saya acungi empat jempol buat desainer yamaha di negara nya Sahrukan ini. Walaupun kapasitas mesinnya cuma 150cc dengan didukung tampilan ala moge, pasti laris manis. Sebodo amat radiator dan injeksi.

Satu hal yang bikin penasaran, di foto – foto yang saya lihat hasil browsing, kok motor ini nggak ada kick stater nya ya? Moga – moga aja ada, dan sengaja dilepas biar lebih ganteng saat difoto.

Mari kita berandai – andai. Kalau si FZ ini jadi masuk ke indonesia, AHM pasti jantungan. Gacoan mereka, si Honda Mega pro mah lewat, kalau disandingkan dengan si FZ ini. Dengan kapasitas mesin segitu, tentu musuh yang dihadapi adalah honda mega pro yang katanya Primus motornya lelaki. O, iya ada kisah memalukan mengenai iklan ini. Dulu saya sempat pake mega pro selama setahunan. Temen – temen sering nyindir motornya lelaki bla – bla …kok bisa – bisanya honda bikin iklan aneh gitu.

Kembali ke laptop, eh maksude kembali ke FZ. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama konsumen Indonesia adalah masalah harga. Dengan cc yang Cuma 150 masak yamaha tega menjual motor ini di kelas scorpio / tiger? Bakalan nggak laku. Tapi kalau dipasarkan seharga v – ixion, sama saja membunuh pasaran v – ixion. Ada solusi yang sangat jitu dan mudah! Jual saja di bawah harga v – ixion. Kalau perlu seharga sport nanggung seperti satria f / honda cs-1, yaitu di kisaran 17 jt an. Harga segini juga dimaksudkan untuk menyasar pasar Bajaj dan TVS. Dengan harga yang sama, calon konsumen pasti lebih memilih motor Jepang yang terjamin suku cadang nya.

Artikel ini sekaligus juga request kepada YMKI. Please….masukin motor ini ke Indo ya? ( tampang polos + mengedipkan mata ). Masak harus menunggu importir umum yang bertindak, seperti yang terjadi pada kasus Honda CBR 150?? Dan satu lagi, yang juga merupakan penyakit yamaha. Indennya jangan lama – lama ya? Mudah – mudahan wujud aslinya seganteng fotonya. Pokonya yamaha is the best lah! ( saya bukan pengguna yamaha lo!, tapi saya juga tidak fanatik pada satu merek saja, saya satu diantara bejibun pemilik honda tiger di Indo ini).



0 comments: