2008/02/08

Visit Indonesia 2008

Pemerintah menyadari betul bahwa sektor pariwisata merupakan ast yang besar bagi bangsa ini. Keindahan alam yang tersebar di seantero negri, juga yang tak kalah menarik adalah negara kita memiliki begitu banyak kebudayaan yang khas yang tidak dapat di temukan di negara lain. Oleh karena itu pemerintah meluncurkan program Visit Indonesia 2008.

Namun peluncuran program ini tidak diimbangi dengan kesiapan di dalam negri. Banyak sekali infrastruktur yang tidak memadai. Misalnya baru – baru ini akses jalan tol menuju bandara Sukarno-Hatta terendam banjir. Padahal bandara ini merupakan pintu masuk utama Indonesia. Bagaimana mungkin kita mengundang tamu untuk berkunjung ke rumah kita tapi begitu sampai ke gerbang rumah kita sudah kebanjiran.

Untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata yang profesional, tidak hanya infrastruktur di sektor pariwisata saja yang perlu dibenahi. Namu juga sektor – sektor yang lain. Wisatawan datang tidak hanya untuk melihat pantai atau tarian – tarian. Mereka datang jauh – jauh tidak hanya untuk itu. Mereka datang untuk mendapatkan pengalaman yang berkesan. Memang banjir juga bisa menjadi pengalaman yang berkesan. Jarang – jarang mereka menemui banjir. Apalagi di sekitar bandara internasional.

Dari wawancara trans tv dengan orang penting bandara saya menemui hal yang lucu. Waktu itu sang reporter bertanya pada petugas bandara tersebut mengenai antisipasi pihak bandara apabila terjadi banjir lagi. Dan petugas bandara itu mengatakan sudah menyiapkan langkah – langkah. Yaitu, bandara menyediakan bus untuk para calon penumpang. Bus mengantar penumpang sampai titik banjir bagian luar. Kemudian untuk melintasi banjir calon penumpang akan diangkut tronton militer. Setelah melalui banjir calon penumpang akan diangkut bus lagi. Apakah cara ini efektif? Karena kalau saya calon penumpangnya saya tidak mau berdesak desakkan di truk tronton. Apalagi kita ketahui bahwa calon penumpang pesawat adalah golongan menengah ke atas. Ini hanya salah satu ketidak siapan sarana dan prasarana.

Namun bagaimanapun, Visit Indonesia 2008 adalah program pemerintah yang harus kita dukung bersama sama. Di balik semua kekurangan yang ada setidaknya pemerintah sudah berupaya untuk menjadikan bangsa ini lebih baik.

0 comments: