2008/02/20

Anthurium ?

Akhir – akhir ini banyak pemberitaan orang kaya mendadak gara gara anthurium. Tanaman yang harganya bisa mencapai ratusan juta. Bahkan biji nya satu butir bisa mencapai satu juta rupiah. Sungguh fantastis. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana mungkin seseorang bisa menghabiskan begitu banyak uang hanya untuk sebuah tanaman.

Bukannya menghina, menurut saya mawar yang harganya tidak lebih dari dua puluh ribu rupiah lebih bagus dari anthurium. Saya tidak tahu apakah saya ini katrok atau tidak. Tapi itulah yang saya rasakan mengenai fenomena anthurium. Entah kenapa saya tidak merasa keindahan dan kehebatan anturium. Menurut saya tanaman itu hanya setumpuk daun hidup.

Katanya anthurium ini adalah lambang kejayaan. Gimana tidak jaya lawong tanaman yang harganya ratusan juta mampu beli. Jadi otomatis kalau ada anthurium nongkrong di taman sebuah rumah pasti pemiliknya berkecukupan. Mungkin ini yang membuat tanaman ini harganya selangit. Sebab pembeli tidak hanya membeli daun, tetapi juga membeli prestige.

Namun fenomena ini harus disyukuri. Di tengah ekonomi yang tidak menentu, ada orang yang berhasil bertahan dengan adanya tanaman ini.

0 comments: